BELAJAR DI KELAS VIRTUAL

Posted: July 21, 2011 in Gagasanku

BELAJAR DI KELAS VIRTUAL
Oleh :

Heriyanto Nurcahyo
Guru SMA Negeri 1 Glenmore Banyuwangi

Betapa terpanahnya penulis ketika membaca salah satu status seorang kolega di akun facebook nya beberapa saat yang lalu.Tulisan seorang guru Sains di Deutsche Internationale Schule/Sekolah Internasional Jerman, Jakarta itu tidak begitu panjang namun cukup membuat penulis berfikir ulang dalam memaknai dan melaksanakan pembelajaran.Pembelajaran yang dulu hanya dipahami sebatas kegiatan di dalam dan diluar kelas,antara peserta didik dengan papan hitam/putih.Antara peserta didik dengan rumus-rumus,antara peserta didik dengan deretan alat-alat percobaan di laboratorium atau antara peserta didik dengan seperangkat media audio visual. Pemahaman dan pelaksanaan pembelajaran seperti itu serasa terlalu sempit untuk menggambarkan sekaligus menghadirkan pembelajaran yang lebih berkualitas.Yaitu sebuah pembelajaran yang benar-benar menghadirkan pengalaman nyata bagi peserta didik.
Peserta didik tidak hanya disuguhi teori dan postulat semata namun yang lebih penting adalah kesempatan untuk merasakan,melakukan dan menciptakan pengetahuan itu sendiri.
Kolega tadilah yang telah memperkenalkan penulis dengan dunia pembelajaran virtual 3 dimensi.Pembelajaran multidimensi yang akan membawa proses pembelajaran kearah yang lebih kontekstual dan nyata. Sejauh ini dunia baru ini belum banyak disentuh dan dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk membantu pembelajaran di ruang-ruang kelas mereka.Padahal kelas/dunia virtual ini didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai dunia aslinya.
Belajar di kelas virtual semacam ini memungkinkan kita (guru dan siswa) mendapatkan banyak manfaat dan akan mendapati kejutan-kejutan baru dalam belajar.Kejutan baru itu dapat kita rasakan mengingat sesuatu yang kita pelajari/belajarkan kadang hanyalah berupah gambaran abstrak tentang suatu fenomena,peristiwa atau hanya sebatas rumus-rumus belaka.Di kelas virtual inilah gambaran abstrak itu kian menjadi nyata dan memesona.
Di kelas virtual ini Guru dan siswa dapat menggunakan simulasi dan visualisasi untuk memahami suatu konsep. Dimana dunia virtual memudahkan guru maupun siswa menyimulasikan berbagai materi pelajaran yang mungkin sulit dilakukan di dunia fisik. Misalnya mengenai perjalanan ke bulan, gempa bumi, tsunami, pembedahan jantung, peradaban Mesir, dll. Melalui dunia virtual, siswa juga bisa memvisualisasikan materi belajar seperti rangkaian DNA, tata surya, dan sejenisnya.
Dikelas ini juga Guru dan siswa bisa bertemu dan berdialog dengan berbagai ahli dari belahan bumi manapun. Kesempatan ini memungkinkan baik guru maupun siswa belajar dari sumber yang berkualitas. Kelas ini juga memudahkan Guru dan siswa melakukan darwa wisata (fieldtrip) dan belajar dari tempat-tempat yg dikunjungi tanpa biaya Tidak bisa kita pungkiri bahwa belajar langsung di tempat yang berhubungan dengan topik yang sedang diajarkan akan lebih berkesan bagi siswa. Tetapi sering kali biaya menjadi kendala dalam melakukan kegiatan ini di dunia fisik. Di dunia virtual, banyak sekali tempat baik itu tempat bersejarah seperti candi borobudur, tembok besar Cina, rekator nukir, NASA dan objek lain yang tersedia dan bisa dikunjungi kapan saja tanpa biaya.
Pembelajaran virtual ini juga memudahkan Guru dan siswa melakukan kolaborasi antar sekolah dengan lebih mudah dan hampir tanpa biaya. Kolaborasi ini bisa dilakukan dengan jalan bertukar informasi dan pengetahuan maupun melakukan proyek pembelajaran bersama antar sekolah. Kesempatan ini memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang adil bagi keragaman peserta didik. Sebagaimana diketahui bersama bahwa sekolah-sekolah paforit dan besar lebih diuntungkan dari segi fasilitas dan SDM dibanding dengan sekolah kecil/swasta.
Kolaborasi pembelajaran ini juga akan memperkecil kesenjangan antara sekolah yang sudah mapan dan berkualitas dengan sekolah yang berada di bawahnya baik dari aspek proses,ketenagaan maupun sarana dan prasarananya.dengan kata lain,pemerataan kualitas pembelajaran akan dapat dimaksimalkan.
Karenanya pembelajaran di kelas virtual ini akan semakin memudahkan dan memberikan secercah harapan baru akan hadirnya pembelajaran berkelas dunia dari ruang-ruang kelas kita,semoga kita bisa menjadi katalisator dari dunia yang semakin sempit ini.Amien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s