Lomba Guru 2011, Lomba Bahan Ajar Tingkat SD, SMP, SMA, SMK oleh NACTI 2011

Posted: May 23, 2011 in Uncategorized

Lomba Guru 2011, Lomba Bahan Ajar Tingkat SD, SMP, SMA, SMK oleh NACTI 2011

Deadline:

NACTI 2011 – National Competition of Tecnology Integration 2011

Bagi para guru kreatif, inilah ajang yang Anda tunggu-tunggu untuk menguji seberapa kreatif Anda mengembangkan media pembelajaran di kelas. Lomba tidak dibatasi jenis mapel tertentu, semua mapel dapat berpartisipasi dan berkompetisi dalam ajang ini, baik bagi guru SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK atau sederajat.

Kegiatan yang berskala nasional ini akan menyediakan piala dan sertifikat dari dinas pendidikan, serta hadiah yang menarik dari para sponsor berupa:

1. 3 buah Notebook Acer Notebook Aspire 4738z untuk Juara Pertama (tingkat SD, SMP, SMA/SMK)
2. 3 buah Netbook Samsung Netbook N210 untuk Juara Kedua (tingkat SD, SMP, SMA/SMK)
3. 3 buah Netbook Acer Netbook Aspire One untuk Juara Ketiga (tingkat SD, SMP, SMA/SMK)
4. 3 buah Samsung Printer SCX4300 – Multifuction Laser printer (Scan, print, copy) untuk Juara Harapan 1 (tingkat SD, SMP, SMA/SMK)
5. 3 buah Samsung LCD Monitor B1930 (18.5”) untuk Juara Harapan 2 (tingkat SD, SMP, SMA/SMK)
6. 3 buah Samsung Printer ML1660 (Laser printer) untuk Juara Harapan 3 (tingkat SD, SMP, SMA/SMK)

Selain mendapatkan hadiah dan penghargaan, para guru yang menjadi pemenang (juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 masing-masing untuk level SD, SMP dan SMA/SMK) dan peserta lainnya yang mampu menghasilkan karya-karya yang inovatif, kreatif dan berbobot, akan mendapatkan kesempatan karyanya diterbitkan dalam bentuk CD Multimedia Interaktif oleh PT. Kandel dengan bimbingan lebih lanjut oleh EduPartner Institute. Selain itu karya bahan ajar multimedia beserta RPP akan dipublikasikan dalam website pustaka digital “Kubuka.Net”.

Sumber: http://www.Nacti.net
Tujuan Lomba Guru

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

1. Melombakan karya kreatif tenaga pendidik berupa media pembelajaran dalam bentuk PowerPoint, baik yang menggunakan fitur Mouse Mischief atau tanpa menggunakan plug-ins ini,
2. Mendorong inovasi dan kreasi guru dalam pemanfaatan perangkat TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam jumlah terbatas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan
3. Mempromosikan strategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan memanfaatkan TIK di kalangan tenaga pendidik.

Peserta

Kompetisi ini diikuti oleh tenaga pendidik (guru) dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK dari seluruh Indonesia.
Juri

Hasil karya guru yang berupa Media Pembelajaran dalam bentuk PowerPoint beserta RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang memuat media tersebut akan dinilai oleh para juri yang terdiri dari praktisi pendidikan dan pengembang bahan ajar multimedia yang berasal dari EduPartner Institute dan Pustekkom Kemdiknas. Keputusan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.
Materi

Media pembelajaran PowerPoint yang dilombakan adalah media pembelajaran yang dipergunakan oleh guru di depan kelas dalam menyampaikan materi pelajaran (pada saat apresepsi, penjelasan teori/konsep, penjelasan aktifitas dan evaluasi) menggunakan LCD Proyektor (bukan merupakan media pembelajaran untuk belajar mandiri yang diperuntukkan bagi siswa). Media pembelajaran PowerPoint yang diikutsertakan dalam kompetisi digunakan dalam pembelajaran tatap muka di kelas dengan durasi maksimal 2 (dua) jam pelajaran. PowerPoint yang diikutsertakan dalam kompetisi dapat terdiri dari dua buah file (satu file merupakan slide presentasi dengan banyak media, sedangkan satu file lainnya merupakan slide yang menggunakan Mouse Mischief), serta mengintegrasikan banyak media/multimedia (teks, gambar, suara, animasi interaktif dan video), serta memasukkan unsur interaktifitas (penggunaan action pada tombol, hyperlink, dsb). Selain itu produk slide PowerPoint dapat pula mengintegrasikan aplikasi MouseMischief untuk menambah interaktifitas. Media PowerPoint yang dilombakan serta aktifitas yang dipaparkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mendorong para siswa untuk aktif, , bekerjasama, berkreasi, merangsang untuk berfikir tingkat tinggi (high order thinking), bersifat kontekstual dan mempromosikan atmosfer pembelajaran yang menyenangkan.
Jadual

Lomba ini akan berlangsung dari tanggal 27 Februari – 30 April 2011, sedangkan pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 17 Mei 2011. Kegiatan kompetisi ini dilaksanakan secara online, para peserta lomba cukup mengupload materi lomba (Materi presentasi multimedia interaktif dengan PowerPoint beserta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP yang memuat media pembelajaran tersebut).
Kriteria Penilaian

Kriteria Penilaian didasarkan pada:

1. Aspek artistik/keindahan,
2. Aspek teknis dan integrasi multimedia,
3. Aspek tujuan pembelajaran (kesesuaian dan ketercapaian),
4. Aspek strategi pembelajaran,
5. Dan Aspek kompetensi (kognitif, afektif dan psikomotorik) serta
6. Aspek kreativitas, keunikan dan integrasi nilai kebudayaan lokal.

Proses Penilaian

Proses penilaian akan melalu beberapa tahap, yaitu:

1. Seleksi syarat administratif,
2. Seleksi finalis dan
3. Seleksi juara.

Pengumuman Pemenang

Pengumuman peserta akan dilakukan secara online di website http://www.nacti.net, http://www.nawset.org dan http://www.edupartner.org pada tanggal 30 April 2011 jam 09.00 WIB.
Biaya Pendaftaran

Untuk mengikuti kompetisi nasional ini, para peserta dapat mendaftarkan diri secara online di alamat http://www.nacti.net. Sedangkan biaya pendaftaran kompetisi adalah sebesar Rp.50.000 (lima puluh ribu rupiah) untuk setiap produk/materi yang dilombakan. Masing-masing peserta dapat mengikutsertakan dan mengirimkan lebih dari satu produk media pembelajaran.

Pendaftaran gratis bagi peserta yang telah mengikuti Seminar dan Workshop NAWSET 2011 pada tanggal 26 dan 27 Februari 2011.
Ketentuan Lainnya:

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengikuti NACTI 2011.

1. Peserta benar-benar seoarang guru. Panitia akan mengklarifikasi kepada kepala sekolah masing-masing saat masuk babak semi final untuk memastikannya.
2. Karya benar-benar dibuat sendiri (bukan TIM). Panitia juga akan melakukan tanya jawab saat memasuki semi final. Apabila karya tersebut dibuatkan orang lain, maka saat wawancara akan dapat diketahui.
3. Menjadilah member/anggota NACTI.NET untuk mendapatkan sejumlah tips dalam memperkaya content bahan ajar.
4. Bagi yang telah mengirimkan materi lomba, segera transfer biaya pendaftaran agar materi peserta masuk/disertakan dalam lomba.
5. Materi yang telah dikirim menjadi milik panitia dan panitia berhak mempublikasikannya untuk kepentingan masyarakat atau kemajuan pendidikan di situs KUBUKA.NET.
6. Bagi peserta yang menjadi pemenang atau memiliki potensi dalam pembuatan bahan ajar multimedia interaktif untuk pembelajaran, akan mendapatkan kesempatan menjadi tim pengembang bahan ajar interaktif yang akan diterbitkan dalam bentuk CD multimedia interaktif, serta mendapatkan bimbingan dalam menerbitkan buku-buku pembelajaran berbasis ICT bersama EduPartner Institute

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s