HYPNOSIS # 25 : Lama saya sudah belajar Hypnosis, namun Saya belum mampu menghypnosis, Mengapa?

Posted: November 23, 2010 in HypnosNLP

Pertanyaan tersebut saya dapatkan dari beberapa sahabat yang menurut pengakuannya sudah belajar lama tentang hypnosis.

Saya sungguh kagum dengan sahabat-sahabat ini. Kagum ingin mengetahui bagaimana modus belajarnya. Ingin kenal proses belajarnya dan lebih lagi ingin tahu apa proses yang belum dilakukan sehingga kompetensi “menghypnosis” belum menjadi bagian dari perilakunya.

Saya kemudian mengatakan kepadanya bahwa saya adalah subyek hypnosis yang baik yang pernah punya pengalaman hidup real somnabulism. Saya mohon ia melakukan teknik induksi yang telah dipelajarinya dan memberikan sugesti untuk relaks. Ia telah duduk di samping kiri saya, dan Saya sudah menyiapkan diri untuk relaks, namun sang sahabat tak kunjung mengeluarkan kalimat dan hanya menatap wajah saya.

“Baik, sapa sebenarnya yang menghambat diri Anda untuk berkomunikasi hypnotis dengan saya sebagai klien?” tanya saya. “Kayaknya kok saya nggak nyaman begitu kalau saya menyuruh Bapak dengan power” kataya. “Lho saya sebagai klien siap nih Anda menggunakan teknik apapun !” sahut saya. “Ya, saya tahu itu, dan saya nggak nyaman aja kalau memerintah!” katanya.

“Baik, apa sebab anda menjadi tidak nyaman bila dengan cara yang menurut anda menggunakan power dan memerintah?” desak saya. “ Gimana ya pak… rasanya kok menggurui, sok kuasa, ini membuat saya nggak nyaman”katanya lagi. “ Akibat nggak nyaman… ” katanya. Sambut saya ” Lalu…..? ”. “ Ya seakan ada yang menghambat dari dalam diri untuk memperlakukan cara induksi seperti itu, karena saya merasa nggak enak bila diperlakukan menggunakan induksi seperti itu, dan saya pun menjadi ogah kalau harus menggunakan induksi seperti itu”.
Itulah dialog tipikal dengan sahabat-sahabat yang sudah belajar Hypnosis namun belum mampu menghypnosis.

a) Belief

Dialog tersebut menunjukkan bahwa keyakinan seseorang akan menjadi pemercepat atau penghambat dalam bertindak. Seorang yang belajar hypnosis dan mempunyai belief bahwa “pendekatan tertentu tidak nyaman bagi saya, sehingga itu tidak nyaman bagi klien” ini ibarat tembok penghalang si pembelajar untuk melatih keterampilannya.

Penting kiranya si pembelajar menyadari dan menggunakan belief yang tepat, misalnya “pendekatan X ini nyaman bagi saya, sehingga akan nyaman pula bagi klien”. Dengan belief yang tepat, ada dorongan bagi klien untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dari Active Observation ke Active Experimentation sehingga diperoleh kesimpulan2 dari pengalaman mengalami sendiri sebuah fenomena.

b) Kompetensi

Kemampuan menghypnosis adalah kemampuan yang merupakan gabungan dari pemahaman akan kemampuan diri, pemahaman akan situasi dan pemahaman akan situasi dan kondisi klien. Seperti kompetensi lainnya hanyalah diperoleh dengan berlatih terus menerus sehingga mencapai ke derajat penguasaan.

Tidak ada orang yang mumpuni tanpa berlatih. Pada latihan awal bisa jadi hanyalah tercenung bingung. Latihan berikutnya ngomong lancar, namun tak ada kontak dengan kondisi klien. Latihan berikutnya ngomong lancar, ada kontak dengan klien dan mampu membawa klien ke kondisi trance. Latihan berikutnya ngomong lancar dan luwes, kontak dengan klien terjaga, mampu membawa ke kondisi trance dengan cara2 elegan dan memberikan terapi sesuai dengan tujuan klien.

Milton H Erickson, Dave Elman, Ormond Mc Gill saja melalui phase-phase ini pada awal-awal ketertarikannya pada Hypnosis. Mereka menjadi Master bahkan Wizard karena berlatih.

Jadi , selamat mencek belief anda dan selamat merancang program latihan Anda. Saat belief anda sudah tepat dan Anda merancang program latihan yang semakin lama semakin meningkat baik dari teknik , kasus dan kedalaman disertai dengan adanya sparing partner dan mentor, maka tidak ada pembelajar yang tidak dapat menghypnosis klie

Leave a Reply

