KKM Kelas X

Posted: November 23, 2008 in Materi Bahasa Inggris
Tags:

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR

MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA NEGERI 1 GLENMORE

Kelas : X

Standar Kompetensi : Mendengarkan (60)

1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penentuan KKM

KrIteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kompleksitas

Sarana Pendukung

Intake siswa

1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

· Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan

· Merespon tindak tutur berkenalan

· Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ ajakan

· Merespon tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ ajakan

· Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji

· Merespon tindak tutur menerima janji

· Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji

· Merespon tindak tutur membatalkan janji

1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap

  • Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
  • Merespon tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia
  • Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan simpati
  • Merespon tindak tutur menunjukkan simpati
  • Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan perhatian
  • Merespon tindak tutur menunjukkan perhatian
  • Mengidentifikasi makna tindak tutur instruksi
  • Merespon tindak tutur instruksi

70

60

60

60

60

60

60

60

65

60

60

60

60

70

60

60

70

60

60

60

60

60

60

60

65

60

60

60

60

70

60

60

70

60

60

60

60

60

60

60

65

60

60

60

60

70

60

60

60

70

60

60

60

60

60

60

60

60

65

60

60

60

60

70

60

60

Standar Kompetensi : Mendengarkan (60)

2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar/Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penentuan KKM

KrIteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kompleksitas

Sarana Pendukung

Intake siswa

2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari

· Mengidentifikasi topic sebuah pengumuman lisan

· Mengidentifikasi informasi tertentu dari pengumuman

· Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar.

2.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

· Mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar

· Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar

· Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks

· Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar

· Mengidentifikasi bahan yang digunakan dalam teks procedure yang didengar

· Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang didengar

60

60

60

60

65

65

65

65

60

60

60

60

60

65

65

65

65

60

60

60

60

60

65

65

65

65

60

60

60

60

60

60

60

65

65

60

65

60

Standar Kompetensi : Berbicara (60)

3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar/Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penentuan KKM

KrIteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kompleksitas

Sarana Pendukung

Intake siswa

3.1 Mengu.ngkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji

· Menggunakan tindak tutur berkenalan

· Melakukan percakapan interpersonal

· Menggunakan tindak tutur tawaran/undangan/ajakan

· Menggunakan tindak tutur menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan dalam percakapan

· Menggunakan tindak tutur berjanji

· Menggunakan tindak tutur menerima janji

· Menggunakan tindak tutur membatalkan janji

3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi

· Menggunakan tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia

· Menggunakan tindak tutur menunjukkan simpati

· Menggunakan tindak tutur menunjukkan perhatian

· Memberi instruksi lisan

· Melakukan interview

· Melakukan pertunjukan drama

65

60

60

60

60

60

60

65

60

60

65

60

50

65

60

60

60

60

60

60

65

60

60

65

60

50

65

60

60

60

60

60

60

65

60

60

65

60

50

60

65

60

60

60

60

60

60

60

65

60

60

65

60

50

Standar Kompetensi : Berbicara (61)

4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar/Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penentuan KKM

KrIteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kompleksitas

Sarana Pendukung

Intake siswa

4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

  • Memberi pengumuman lisan
  • Menyampaikan undangan lisan
  • Menggunakan bahasa lisan

4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

· Menggunakan kalimat past tense dalam menyampai sebuah peristiwa

· Melakukan monolog untuk menceritakan pengalaman

· Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah procedure

· mendongeng

60

60

60

65

60

65

60

60

60

60

65

60

65

60

60

60

60

65

60

65

60

60

60

60

60

62

65

60

65

60

Standar Kompetensi : Membaca (60)

5. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi Dasar/Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penentuan KKM

KrIteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kompleksitas

Sarana Pendukung

Intake siswa

5.1 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

· Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar

· Mengidentifikasi topic dari teks yang dibaca

· Mengidentifikasi informasi tertentu

5.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

· Mengidentifikasi main idea dari sebuah paragraph.

· Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca

· Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca

· Mengidentifikasi variasi susunan kalimat dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

· Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang dibaca

· Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks

· Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca

· Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks

· Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca

60

60

60

60

60

60

60

65

60

60

60

65

60

60

60

60

60

60

60

65

60

60

60

65

60

60

60

60

60

60

60

65

60

60

60

65

60

60

60

60

60

60

60

60

60

65

60

60

60

65

Standar Kompetensi : Menulis (60)

6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar/Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penentuan KKM

KrIteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kompleksitas

Sarana Pendukung

Intake siswa

6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks

· Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat

· Menulis gagasan utama

· Mengelaborasi gagasan utama

· Membuat draft, merevisi, menyunting

· Menghasilkan teks fungsional pendek

6.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

· Menggunakan kalimat past form dalam menyampaikan sebuah peristiwa

· Menggunakan kalimat imperative dalam membuat sebuah resep atau petunjuk

· Menggunakan kalimat langsung dan tak langsung dalam menulis sebuah narasi

· Menghasilkan teks berbentuk recount

· Menghasilkan teks berbentuk narrative

· Menghasilkan teks berbentuk procedure

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

60

Hasil Akhir Perhitungan KKM:

A. Mendengarkan : 60

B. Berbicara : 60

C. Membaca : 60

D. Menulis : 60

Maka KKM B. Inggris Kelas X semester 1 = 60 (rerata dari ke empat aspek)

Keterangan :

Rentang nilai pada setiap kriteria:

1.Kompleksitas : – Tinggi = 50-64

– Sedang = 65-80

– Rendah = 81-100

2.Daya dukung : – Tinggi = 81-100

– Sedang = 65-80

– Rendah = 50-64

3. Intake : – Tinggi = 81-100

– Sedang = 65-80

– Rendah = 50-64

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s